..::DAPATKAN PROMO MOBIL DAIHATSU MELALUI WEBSITE INI::.. ..::PAKET KREDIT DENGAN BUNGA 0%::.. ..::MENERIMA DP MINIM JAMINAN ACC::.. ..::TENOR HINGGA 7 TAHUN::.. ..::BI CHECKING?? TAKUT REJECT?? KAMI ADA SOLUSI::..
Menu
Model
Beranda » Artikel » Akibat Lalai Mengganti Oli pada Kendaraan

Akibat Lalai Mengganti Oli pada Kendaraan

Dipublish pada 23 November 2020 | Dilihat sebanyak 502 kali | Kategori: Artikel

Melakukan ganti oli mobil menjadi perwatan paling mendasar yang biasanya dilakukan oleh pemilik mobil. Bahkan, bagi orang yang paling malas melakukan perawatan mobil sekalipun, melakukan penggantian oli tetap dilakukan. Sayangnya, biasanya mereka kurang peduli dengan waktu yang tepat untuk mengganti oli dan hanya melakukannya ketika kendaraan akan menempuh perjalanan panjang. Apalagi untuk kendaraan yang cukup jarang digunakan. Menurut mereka, oli mobil akan memiliki kualitas yang tetap bagus selama mobil tidak digunakan.

Namun, benarkah demikian?

Ternyata, anggapan tersebut sangat salah. Sebab, kualitas oli akan tetap menurun meskipun mobi tidak digunakan. Itulah sebabnya, selain jarak tempuh, dalam buku manual mobil juga disebutkan jarak waktu paling pas untuk melakukan penggantian oli. Nah, untuk mobil yang jarang digunakan tapi sekalinya digunakan untuk menempuh jalan yang memiliki tingkat kemacetan tinggi, selain jarak dan waktu, Anda juga harus memperhatikan rpm dari mobil. Karena, meskipun mobil tidak bergerak saat keadaan macet, tetapi mesin tetap bergerak sehingga pelumas tetap bekerja.

Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Oli yang sudah lama pasti mengandung kotoran dan hal inilah yang akan berisiko menyumbat saluran oli sehingga oli tidak mampu mengalir dengan lancar. Akibatnya, komponen mesin tidak memiliki suplai oli yang cukup untuk melumasi saat sedang bekerja dan membuat usia pakai mesin semakin pendek.
  • Selain tidak berfungsi maksimal akibat terhambat, oli yang sudah terlalu lama akan semakin hitam, kental, dan kehilangan sifat pelumasnya. Sehingga meskipun oli dapat mengalir dengan lancar menuju mesin, tetap tidak akan bisa melumasi mesin secara maksimal.
  • Tidak terlumasinya mesin mengakibatkan kinerja mesin semakin berat. Akibatnya, mesin akan membutuhkan sumber tenaga tambahan yang berasal dari BBM sehingga membuat BBM menjadi boros.
  • Mesin yang tidak terlumasi dengan maksimal oleh oli akan menjadi panas akibat daya gesek yang cukup besar. Selain itu, oli juga memiliki fungsi sebagai salah satu sistem pendingin mesin mobil. Ketika cairan ini tidak diganti tepat waktu.
Bagikan
Artikel Menarik Lainnya

Tips Mudah & Gampang Merawat Mesin Mobil

Dipublish pada 23 November 2020 | Dilihat sebanyak 666 kali | Kategori: Artikel

Berikut tata cara serta tips sederhana merawat mobil baik itu mesin, bodi dan bagian lainnya: 1. Ganti oli  Ganti oli secara berkala dan tepat waktu, baik itu dengan jarak tempuh kendaraan dan juga waktu maksimal oli dalam mesin sesuai standard... selengkapnya

Ketahui 6 Penyebab Umum Mobil Bisa Terbakar

Dipublish pada 20 Agustus 2021 | Dilihat sebanyak 297 kali | Kategori: Artikel

Di jalanan terkadang ada saja mobil yang alami kebakaran. Bahkan banyak kasus yang menyebutkan kalau kendaraan sekelas Lamborghini pun tetap bisa alami kejadian ini. Jika melihat kasus-kasus seperti ini, biasanya disebabkan oleh mesin yang terlalu panas atau kerusakan pada bagian... selengkapnya

5 Cara Mudah Bikin Mobil Bebas dari Virus Corona

Dipublish pada 21 Agustus 2021 | Dilihat sebanyak 378 kali | Kategori: Artikel

Virus corona (Covid-19) kian menyebar di seluruh penjuru Tanah Air. Pencegahan sedini mungkin harus selalu dilakukan. Bukan hanya pada diri sendiri, tetapi juga lingkungan sekitar. Mobil tentunya tak luput dari hal ini. Untuk itu  harus rajin-rajin melakukan bersih-bersih kendaraan setelah... selengkapnya

Jejak Pengunjung

62453
Hari ini : 85
Kemarin : 74
Bulan ini : 1551
Tahun ini : 6447
Total Kunjungan : 62453
Hits Hari ini : 129
Total Hits : 128710
Who's Online : 1

Pembiayaan

– ACC Finance
– ADIRA Finance
– BCA Finance
– Mandiri Tunas Finance
– Mandiri Utama Finance
– MPM Finance
– OTO Finance

Chat WhatsApp